Curhat Petani Garam di Pamekasan: Kualitas Bagus, Harga Turun!

Curhat Petani Garam di Pamekasan: Kualitas Bagus, Harga Turun! Petani garam di Desa Pandan, Kecamatan Galis, Pamekasan.

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Curahan hati atau curhat para petani garam di saat musim kemarau, karena produksinya tengah berkualitas namun harganya jauh dari perkiraan mereka. Sedangkan untuk harga belakangan ini berada di angka Rp1.500,00. sementara pada awal kemarau stabil dengan nilai Rp5 ribu.

Taufik Hidayat, salah satu petani garam mengatakan bahwa untuk produksi di Desa Pandan, Kecamatan Galis, sangat bagus dan sedang tinggi-tingginya pada musim kemarau tahun ini. Bahkan, ia menunjukkan sendiri buktinya.

"Musim kemarau tahun ini lumayan panjang, sehingga produksi lumayan tinggi. Bisa dilihat sendiri. Bahkan, petani-petani terus memanen di ladangnya masing-masing," ujarnya kepada BANGSAONLINE.com, Rabu (27/9/2023).

Ketika ditanya terkait penjualan garam dan harga per kg-nya, ia menyatakan turun walau panen berkualitas. Hal tersebut membuat para petani garam tidak bisa berbuat apa-apa.

"Harga memang fluktuatif pada awal-awal musim panen, harga mencapai Rp5 ribu namun hukum pasar menunjukkan penurunan. Penurunannya karena memang ketersediaan garam banyak sehingga para pembeli menurunkan harga dan hari ini stabil di harga Rp1.500,00.," paparnya.

Dengan penurunan harga, para petani garam berharap Pemkab untuk membuatkan komunitas yang mampu membuat harga stabil, serta tidak tergantung kepada musim. Dengan demikian, mereka dapat menentukan harga yang layak. (dim/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Haul Akbar di Masjid Nurul Huda Pamekasan, Satukan Generasi dan Santri Kiai Mattawi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO